Rabu, 25 April 2012

Perahu Penyeberangan Masih Jadi Andalan

SUNGAI RAYA, -- Perahu penyeberangan sungai di beberapa kecamatan di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, berperan penting bagi mobilitas masyarakat. Sungai-sungai yang lebar memisahkan pemukiman penduduk dengan pusat perekonomian.
Tanpa perahu-perahu penyeberangan itu, mobilitas masyarakat di pedalaman akan sangat terganggu. Seperti terpantau pada Rabu (25/4/2012), masyarakat pedalaman Kecamatan Kubu dan Teluk Pakedai sangat bergantung pada perahu penyeberangan.
Perahu penyeberangan hanya beroperasi pada siang hari. "Pada malam hari, pemilik kapal biasanya istirahat. Masyarakat umumnya hanya bisa bepergian siang hari. Kalau mau pergi menyeberang malam hari, harus mencarter," kata Harun (52), warga Sungai Selamat.
Lebar sungai dan anak-anak sungai di Kubu bisa mencapai sekitar 500 meter. Anak sungai berjumlah sangat banyak dan sampai saat ini kebanyakan belum dilengkapi jembatan karena biaya pembangunannya sangat mahal.                                                                                                                                      (sumber;kompas)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons