Rabu, 25 Januari 2012

Pemilik Mobil "Xenia Maut" Bisa Dipidana

JAKARTA;- Kepala Polda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Untung Suharsono Rajab, mengatakan pemilik mobil Daihatsu Xenia B 2479 XI bisa saja dijerat pidana karena dianggap membiarkan kecelakaan maut terjadi di Jalan MI Ridwan Rais, Jakarta Pusat. Pemilik dianggap lalai jika tahu bahwa teman yang meminjam mobilnya itu tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).
"Dia mengaku ada orang yang meminjamkan. Orang yang meminjamkan kepada orang yang nggak punya SIM bisa kena (pidana) dia," kata Untung, Rabu (25/1/2012), di Mapolda Metro Jaya.
Pemilik mobil Daihatsu Xenia B 2479 XI yang dikendarai Afriyani Susanti (29) akhirnya diketahui. Mobil itu ternyata milik Deden Rohendi yang kemudian berganti nama menjadi Buniarti Kosim sesuai dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang terdaftar di unit Registrasi dan Identifikasi Polda Metro Jaya.
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besa Rikwanto mengatakan bahwa Afriyani awalnya mengaku meminjam mobil itu dari E. "Tapi saat melakukan identifikasi mobil, ditemukan foto kopi STNK atas nama Deden Rohendi," ungkap Rikwanto.
Deden Rohendi merupakan seorang warga yang beralamat di Jalan Zeni H-20 R4/6, Cipinang Melayu, Jakarta Timur. Dia lah pemilik pertama mobil Xenia maut itu sampai akhirnya berpindah nama menjadi Buniarti Kosim yang beralamat di jalan Gading Indah Utara X N 15 RT 3/1, Kelapa Gading, Jakarta Utara. "Jadi yang terakhir punya adalah Buniarti Kosim," kata Rikwanto.
Rikwanto menjelaskan hingga saat ini polisi masih belum menemukan keterkaitan antara E dan Buntari sebagai pemilik resmi yang terdaftar. "Tersangka ngakunya dari E. Tapi masih kami dalami antara E dan Buntari ini hubungannya bagaimana," ujarnya.
Untuk mengetahui hal itu, kepolisian akan memanggil orang-orang itu untuk dimintai keterangan. Pemanggilan dibutuhkan untuk merangkai merangkai keterkaitan peristiwa seutuhnya. "Kepada siapa dia meminjam mobil, siapa pemilik mobil, termasuk kami juga akan cari tahu siapa E itu," pungas Rikwanto.(sumber;kompas)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons