Rabu, 25 Januari 2012

Sekolah Harus Masuk Database SNMPTN

JAKARTA; - Seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan terbuka bagi siswa dari SMA/SMK/MA/MAK di seluruh Indonesia. Namun, harus dipastikan sekolah tersebut masuk dalam daftar sekolah yang diunggah dalam laman resmi SNMPTN tahun 2012.

Sekolah-sekolah yang masuk dalam daftar sesuai data tahun lalu. Jika ada sekolah yang belum masuk data dan berminat ikut SNMPTN undangan, bisa segera mengirimkan permohonan, kata Akhmaloka, Ketua Umum Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang dihubungi dari Jakarta, Rabu (26/1).

Pendaftaran SNMPTN undangan dibuka pada 1 Februari - 8 Maret. Ada 61 PTN yang tergabung dalam SNMPTN tahun ini.

Menurut Akhmaloka yang juga Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), sekolah yang belum terdaftar di laman www.snmptn.ac.id bisa segera mengajukan permohonan untuk bisa didata. Sebab, dalam SNMPTN jalur undangan ini sekolah yang harus merekomendasikan siswa untuk ikut SNMPTN bebas tes ini.

Sesuai ketentuan panitia SNMPTN, kuota siswa yang boleh diajukan sekolah untuk ikut SNMPTN jalur undangan disesuaikan dengan akreditasi sekolah. Sekolah dengan akreditasi A bisa mengirimkan 50 persen siswa terbaiknya, yang berakreditasi B sebanyak 30 persen, dan berakreditasi C sebanyak 15 persen.

Untuk sekolah baru yang belum terakreditasi boleh ikut. Tetapi dibatasi hanya bisa mengikutsertakan lima persen siswa terbaiknya.

Para siswa yang dicalonkan sekolah haruslah memiliki prestasi yang terbaik dan konsisten. Hal ini ditunjukkan dari nilai rapor yang konsisten di semester 3, 4, dan 5, terutama di mata pelajaran yang masuk dalam Ujian Nasional.(sumber;kompas)
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons