Sabtu, 09 Juni 2012

Ledakan Bom Rusak Pipa Minyak Irak

Ledakan bom di ladang minyak Bai Hassan, barat laut Kirkuk, Irak merusakkan pipa minyak di situ. "Ledakan dua bom itu terjadi pada pagi hari," kata petugas militer Irak Brigadir Jenderal Mohammed Khalafin.
Kirkuk adalah salah satu provinsi kaya minyak di Irak. Tapi, wilayah itu menjadi bahan persengketaan antara kelompok-kelompok etnis mulai dari Kurdi, Arab, dan Turki.
Menurut pihak penyelidik, sebagaimana warta Xinhua, ledakan itu merusakkan dua pipa. Namun,  hal itu tidak menghentikan ekspor minyak Irak melalui pelabuhan Ceyhan milik Turki di Laut Mediterania. "Sudah ada tim yang melakukan perbaikan. Upaya itu menghabiskan waktu sekitar dua hari," kata Khalafin.
Lebih lanjut, Khalafin menambahkan, sebelumnya, tiga ledakan bom menghantam ladang minyak yang sama. Tapi, tak ada kerusakan berarti yang ditimbulkan.
Kirkuk adalah salah satu provinsi kaya minyak di Irak. Tapi, wilayah itu menjadi bahan persengketaan antara kelompok-kelompok etnis mulai dari Kurdi, Arab, dan Turki. Pertikaian antara mereka merebak sejak 2003.
Sementara, Irak mengekspor antara 450.000 hingga 500.000 barrel minyak per hari dari ladang Kirkuk. Sampai kini, 95 persen pemasukan negara Irak datang dari minyak.
Pada 2010, Irak mengumumkan kalau cadangan minyaknya mencapai angka 143,1 miliar barrel. Angka ini menanjak ketimbang estimasi awal yang hanya di posisi 115 miliar barrel                                       (sumber;kompas)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons