Rabu, 13 Juni 2012

Satu Joki SNMPTN Tertangkap

JAKARTA,- Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Akhmaloka membeberkan adanya seorang joki yang tertangkap pada hari kedua pelaksanaan ujian tulis SNMPTN. Peristiwa itu terjadi di salah satu lokasi ujian di kota Jember, Jawa Timur.
Ia mengatakan, seorang joki ditangkap oleh panitia lokal lantaran wajahnya berbeda dengan wajah yang terpampang pada foto di kartu ujian. Setelah ditelisik, ternyata yang bersangkutan benar menggantikan seorang peserta yang diakui sebagai temannya.
"Kita dapat 1 joki di Jember. Jadi dia membantu atau menggantikan seorang peserta yang katanya adalah temannya," kata Akhmaloka saat dihubungi, Rabu (13/6/2012) sore.
Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menambahkan, seorang joki yang tertangkap basah kemudian digelandang panitia lokal untuk dimintai keterangan untuk dilampirkan dalam berita acara.
Dalam pemeriksaan, joki tersebut mengaku membantu temannya dengan alasan kasihan karena yang bersangkutan sedang sakit dan tak dapat mengikuti ujian.
"Dalam berita acara dia mengaku membantu dengan sukarela karena kasihan. Dia juga mengaku tidak dibayar dan murni membantu karena alasan pertemanan," ucapnya.
Seperti diberitakan, hari ini adalah hari terakhir pelaksanaan ujian tulis SNMPTN. Lebih dari 600 ribu peserta berebut kursi untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) pilihannya.
Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sendiri telah menentukan daya tampung melalui jalur ujian tulis hanya 106.368 mahasiswa.
Besok para peserta SNMPTN yang memilih program studi olahraga dan seni akan lanjut mengikuti ujian mandiri. Mengenai hasilnya, Kemdikbud akan mengumumkan serentak pada 7 Juli mendatang secara online.(KOMPAS.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons