Sabtu, 03 Desember 2011

Bikin Kompak Dalam Keluarga

Melibatkan anak dalam melakukan pekerjaan rumah tangga dapat menjadi salah satu cara membangun kekompakan dan kebersamaan dalam keluarga. Kebersamaan pun terbangun karena kebutuhan bukan menjadi beban. Psikolog keluarga Sani B Hermawan menjelaskan, agar kebersamaan di keluarga menjadi kebutuhan, orangtua perlu mengajarkan anak mengenai tanggungjawab sejak dini dengan cara menyenangkan. Caranya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pembagian tugas di rumah salah satunya.
Sani menyebutkan, bahkan ada keluarga yang membagi tugas di rumah dan menjadikannya sebagai tanggungjawab pribadi tanpa menjadikannya beban. "Ada satu keluarga yang membagi tugas, siapa yang mencuci piring, membersihkan rumah, membukakan pintu saat bapak pulang, semua hal dilakukan dengan cara menyenangkan bagi anak-anak. Anak juga melakukannya dengan senang, dan menumbuhkan kebutuhan untuk melayani," jelas Sani saat jumpa pers "Pesta Santap ala Sunlight" di Jakarta, Sabtu (3/12/2011).
Sani menegaskan, orangtua punya andil besar untuk memupuk rasa peduli untuk melayani dan menumbuhkan tanggungjawab dalam diri anak. "Ke depannya, anak memiliki tanggung jawab sosial yang tinggi. Termasuk memiliki tanggungjawab terhadap diri dan keluarganya," lanjut Sani.
Setiap keluarga tentunya memiliki cara berbeda dalam mengatur pembagian tugas di rumah. Meski memiliki asisten rumah tangga yang mengerjakan semua pekerjaan rumah, tak ada salahnya menciptakan kebersamaan setiap akhir pekan misalnya.
"Anda dan anak-anak juga dapat berbagi tugas dengan pekerja rumah tangga, misalnya saat akhir pekan, untuk membangun kebersamaan. Akan lebih baik jika kemudian anak justru yang meminta pekerjaan, menggantikan pekerja rumah tangga karena merasa butuh untuk melayani orang lain, bukan menjadi beban," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons