Sabtu, 31 Maret 2012

Berburu Foto "Sunset" di Losari

Pengalaman melihat matahari terbenam di Pantai Losari, Makasar, Sulawesi Selatan memerlukan trik khusus. Hal ini agar pelancong penggemar fotografi tidak terganggu lalu lalang orang yang menyemut di Pantai Losari.

Turunlah ke dermaga tempat kapal bebek dan banana boat menyandar. Di sana banyak juga pemancing yang duduk-duduk sambil menunggu sunset atau matahari terbenam. Duduk di dermaga menunggu sunset bisa diselingi sambil makan gorengan yang ditawarkan pedagang atau mendengarkan lagu-lagu dari para pengamen yang menghibur pelancong.

Pantai Losari kini memiliki anjungan sekitar 200 meter persegi serta ditata dengan tulisan ” Losari” yang besar setinggi dua meter dan berwarna merah. Sehingga area anjungan ini menjelang sunset menjadi arena berkumpulnya pelancong untuk berfoto dengan latar belakang tulisan tersebut.

Matahari yang terbenam di sini berbeda dengan di pantai lain karena dari kejauhan selalu kelihatan ada beberapa kapal yang sedang akan berlabuh di Pelabuhan Makassar. Di tambah detik-detik terbenamnya matahari dapat dilihat secara utuh.

Pengunjung akan melihat perubahan warna dan pergeseran posisi matahari sampai benar-benar hilang dari kegelapan. Hasilnya, foto matahari terbenam yang saya abadikan seperti lukisan karena efek warna semburat merah matahari.

Di waktu cuaca cerah memang memiliki sensasi tersendiri melihat proses matahari terbenam di kota ini. Perubahan warna langit yang sedang cerah berwarna biru tiba-tiba menghilang pelan-pelan berubah menjadi semburat  merah.

Awan hitam akan berarak diselingi perubahan matahari yang semakin menghilang di cakrawala sampai habis dari pandangan. Wow, momen yang sangat tidak terlupakan bagi pengunjung Pantai Losari. Ditambah deburan ombak dan angin sepoi-sepoi membuat pengunjung Pantai Losari setiap sore hari menjelang matahari terbenam tidak pernah surut.

Bisa juga pengunjung naik perahu yang berbentuk bebek sebelum waktu sunset, sehingga dapat memotret Pantai Losari dari arah laut. Pastikan naik perahu bebek di saat menjelang sunset. Jika beruntung dengan momen yang tepat, pengunjung akan mendapatkan foto-foto sunset yang berbeda dengan fotografer yang mangkal di anjungan.

Karena lokasinya sangat strategis, yaitu di jantung Kota Makassar, akses menuju Pantai Losari sangat gampang. Hampir semua angkutan kota atau pete-pete memiliki jalur menuju Pantai Losari. Tak ayal, saat sunset banyak pengunjung bergantian atau saling berebutan untuk foto bersama di anjungan dengan latar belakang Pantai Losari.

Tempat parkir mobil di hari akhir pekan sampai meluber di jalanan. Di seberang anjungan juga banyak restoran dan hotel yang memiliki pemandangan Pantai Losari.
Di Jalan Somba Upu  tidak jauh dari pantai ini juga ada pusat belanja oleh-oleh dan suvenir khas Sulawesi  Selatan.

Beragam jenis makanan juga banyak dijual di sepanjang pantai ini. Mulai pedagang pisang epe, seafood, coto makassar, sop konro, pisang ijo dan makanan lain khas Makassar. Ditambah fasilitas internet gratis melalui wifi maka lengkap sudah. Banyak anak muda yang asyik browsing internet di laptop pribadi sambil melihat sunset. (Asita DK Suryanto, asita@djojokoesoemo.com)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons