Rabu, 19 Oktober 2011

"Ketinggian Ombak" di Laut Jawa Bisa Capai Tiga Meter

TEGAL,": — Ketinggian ombak di Laut Jawa dalam empat hari ke depan bisa mencapai dua hingga tiga meter. Oleh karena itu, para nelayan, terutama nelayan dengan kapal kecil (nelayan tradisional), diimbau untuk waspada dan berhati-hati.
Prakirawan pada Stasiun Meteorologi Tegal, Laylya Isnaini, mengatakan, ketinggian ombak pada 19 Oktober hingga 23 Oktober 2011 di Laut Jawa diperkirakan bisa mencapai dua meter hingga tiga meter. Sementara pada 24 Oktober, ketinggian ombak diperkirakan sekitar 0,75 meter hingga dua meter.
Ombak besar tersebut terjadi karena pengaruh angin kencang. Adanya awan gelap (cumulonimbus) dapat menimbulkan angin kencang dan menambah tinggi gelombang.
Sementara itu, hingga saat ini ratusan nelayan di Desa Munjungagung, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal masih belum melaut, akibat ombak tinggi dan angin kencang.
Bendahara Kelompok Usaha Bersama Teri Nasi Desa Munjungagung, Ranito mengatakan, dari sekitar 120 perahu di wilayahnya, hanya sekitar 30 perahu yang dijalankan pemiliknya.
Menurut dia, ombak yang disertai angin kencang menyulitkan nelayan dalam menebar jaring. "Jadinya hasil tangkapan tidak mencukupi," katanya.
Dengan modal Rp 150.000, nelayan hanya mendapatkan hasil tangkapan sekitar Rp 200.000 hingga Rp 300.000 sekali melaut (pagi hingga siang hari). Padahal, satu perahu diawaki sekitar tujuh hingga 10 anak buah kapal. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons