Sabtu, 15 Oktober 2011

"Menyambut Iduladha" Tenaga Kesehatan Disiapkan

Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan (DP3) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, menyiapkan 92 tenaga kesehatan hewan untuk memantau kondisi kesehatan hewan kurban yang akan dijual pada Hari Idul Adha yang akan jatuh pada 6 November 2011.

Kepala Bidang Peternakan dan Kehewanan DP3 Kabupaten Sidoarjo Bambang Erwanto mengemukakan, 92 tenaga kesehatan tersebut akan disiagakan sejak sebelum pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

Pemeriksaan terhadap hewan kurban untuk memastikan hewan itu sehat. Hal-hal utama yang patut diwaspadai adalah adanya penyakit anthraks, sapi gila, dan rabies.

Menurut Bambang, nantinya para tenaga kesehatan hewan tersebut akan disebar di pelbagai titik penyembelihan hewan kurban. Mereka akan menyosialisasikan seputar kesehatan hewan yang layak untuk dijadikan hewan kurban.

DP3 akan melakukan rapat koordinasi dengan kalangan takmir masjid. "Baru setelah itu akan kami lakukan pemetaan lokasi mana saja yang patut untuk pemeriksaan kesehatan hewan kurban, termasuk memberikan sertifikasi terhadap hewan kurban yang dijual di Sidoarjo," katanya.

Pada tahun lalu, terdapat 300 titik untuk lokasi pemeriksaan hewan kurban oleh tenaga kesehatan. Pada tahun ini diharapkan lebih dari 300 titik atau minimal sama dengan tahun lalu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Coupons